Minggu, 05 Juni 2016

Bupati Simalungun Lakukan Pendataan Secara Simbolis Kepada Masyarakat




Pemerinah Kabupaten Simalungun bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan Pendataan Sensus Ekonomi tahun 2016.

Sebagai langkah awal dimulainya pelaksanaan data tersebut, Bupati Simalungun, DR JRSaragih H MM, melakukan Pendataan Sensus Ekonomi 2016 secara simbolik kepada masyarakat di Nagori Pematang Simalungun Kecamatan Siantar, Senin 02/05/2016.

Dalam pendataan tersebut, petugas mewawancarai kepala rumah tangga maupun anggota rumah tangga yang ada mengelola usaha. Usai melakukan pendataan, Bupati Simalungun menempelkan Stiker Sensus Ekonomi di masyarakat dan juga SD Negeri No. 094155 Rambung Merah.

Saat melakukan pendataan, Bupati Simalungun JR Saragih didampingi Kepala BPS Kabupaten Simalungun Marine Sohadi Angkat MSi, Kepala Bappeda Simalungun, Mixnon Simamora MIP Msi, Plt Kadis Pendidikan Lurinim Purba SSos MSi dan Plt Kadis Kominfo Sarimuda SSos MSi, serta petugas pendataan dari BPS yang sudah dilatih.

Menurut Kepala BPS Simalungun, Marine Sohadi Angkat MSi, mengatakan bahwa pelaksanaan sensus ekonomi dilakukan di 31 kecamatan dengan melibatkan 643 Petugas lapangan, dimulai dari tanggal 1 s/d 31 Mei 2016, yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi (kecuali pertanian) sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.
“Kegiatan Sensus Ekonomi di Kabupaten Simalungun dimulai pada 1 Mei lalu, namun launchingnya kita laksanakan hari ini (2/5) dan langsung dilakukan oleh Bupati,” katanya.

Dikatakan, dalam sensus ekonomi ini petugas akan mencatat semua usaha, baik yang ada di rumah tangga maupun di tempat usaha. “Jika usaha atau perusahaan berada di luar rumah dengan peralatan usaha tidak dipindah-pindah maka akan didata di tempat usaha, sementara itu jika usaha berada di rumah atau berada di luar rumah tapi peralatan usaha dipindah atau dibongkar maka akan di data di rumah tangga,” jelasnya.

Menurutnya, hasil Sensus Ekonomi 2016 akan berguna bagi banyak pihak, bagi pelaku usaha bermanfaat untuk mengetahui posisi dan peluang usaha serta daya saing usaha, bagi pemerintah sebagai landasan perencanaan dan pengambilan kebijakan ekonomi serta evaluasi kegiatan yang sudah dilakukan, bagi peneliti / akademisi sebagai bahan penelitian ilmiah dan pengamatan bidang ekonomi, dan masyarakat juga dapat merasakan manfaat dari kebijakan/program  yang diambil oleh pemerintah pusat maupun daerah. Kegiatan Sensus Ekonomi ini tidak ada kaitannya dengan pajak dan data yang dikumpulkan bersifat rahasia dan tidak dipungut biaya apapun.

Bupati Simalungun, DR JR Saragih SH MM, dalam kesempatan tersebut  mengharapkan agar pelaksanaan Pendataan Sensus Ekonomi ini berjalan dengan baik dan lancar, karena pendataan sangat dibutukan oleh Pemerintah sebagai landasan perencanaan untuk menetapkan program pembangunan kedepan. Kepada masyarakat diharapkan membatu petugas.

“Berikanlah data yang sebenarnya dan kita berharap pendataan sensus ekonomi ini dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyaeakat,” kata Bupati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar