Selasa, 07 Juni 2016

Rumah Bolon Yang Unik






Rumah adat yang satu ini memang unik karena bentuknya seperti rumah panggung atau memang sebenarnya ini rumah panggung? Rumah ini namanya Bolon dari daerah yang di pimpin JR Saragih. Rumah Adat Simalungun ini lantainya disangga dengan kayu-kayu yang sengaja ditaruh untuk menjadi pondasi rumah.

Rumah Adat Bolon berbeda dengan rumah lainnya namun memiliki fungsi yang sama seperti rumah panggung lainnya. Rumah Adat Bolon pada zaman dulu sebagai penanda dalam status social. Rumah Adat yang besar bisa dipastikan bahwa yang menghuni rumah tersebut adalah seorang pemimpin kerajaaan atau raja.

Namun untuk sekarang ini fungsinya telah berganti dari yang dulunya menjadi tempat tinggal sekarang hanya sebagai tempat wisata. Karena saat ini sulit ditemukan Rumah Adat Bolon. Rumah Adat Bolon sendiri mempunyai sebuah ungkapan tentang pertemuan keluarga, terbukti dari ornamen-ornamen geometri berbentuk segi empat ditengahnya dan diberi lingkaran serta gambar manusia yang mengelilingi lingkaran.

Ada juga tentang hubungan dua manusia dengan bentuk kotak dengan satu sisinya diberi gambar kepala dan satu kotak diberi gambar kepala dengan arah yang berlawanan.

Ornamen lainnya yaitu dengan gambar berupa kepala manusia dengan bentuk yang runcing-runcing. Maksud dari ornament ini adalah sebagai penangkal roh jahat.
Untuk dapat masuk ke dalam rumah orang-orang harus menaiki tangga yang jumlahnya ganjil. Kenapa harus ganjil? Kalau yang itu saya kurang tau. Atapnya berbentuk lancip di kedua sisinya, dan itu membuat Rumah Adat Bolon ini semakin unik.

Dibawah lantai bawah dari rumah panggung disebut longkangan. Longkangan ini Biasanya dijadikan tempat memelihara hewan-hewan, tempat bermain, menaruh barang, atau hanya dibiarkan kosong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar