Sabtu, 04 Juni 2016

Peringati Hardiknas JR Saragih Ingin Pelajar Simalungun Lebih Disiplin



Bupati Simalungun JR Saragih didampingi Anggota DPRD Elias Barus, Sekretaris Daerah (Sekda) Gidion Purba serta beberapa pimpinan Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kecamatan Silimakuta, yang dipusatkan di halaman SMA Plus/SMK Plus Efarina Saribudolok, Senin (2/5/2016).              

Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai pembina upacara Camat Silimakuta Lamat Ludin Purba, dan sebagai komandan upacara Taruna Madya Jaka Prastya SMA Plus Efarina. Peserta upacara terdiri dari barisan TNI, Polri, PNS, para guru dan taruna/taruni SMA Plus/SMK Plus Efarina Saribudolok.

Pelaksanaan upacara Hardiknas tersebut ditandai dengan pengibaran bendera merah puti oleh petugas pengkibar bendera terdiri dari Taruna Madya Thimotius Situmorang, Taruna Madya Bernando Sihaloho dan Taruna Madya Noviani Sembiring. Pembaca pembukaan UUD 1945 dilaksanakan oleh Taruna Madya Pebrunaldi Sudauruk.



Selain Bupati Simalungun dan pejabat Pemkab Simalungun, juga hadir Kepala Sekolah SMA Plus/SMK Plus Efarina Saribudolok Mayor Inf Aser Siahaan.              

Menteri Riset, Tekhnogi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir dalam sambutannya tertulisnya yang dibacakan Camat Silimakuta Lamat Ludin Purba antara lain mengatakan, peringatan Hardiknas kali ini mengambil tema “Ayo kerja, inovatif dan kompetitif”.

Tema ini merupakan seruan bagi seluruh kalangan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi untuk melakukan reformasi pendidikan tinggi. Reformasi pendidikan suatu keniscayaan pada saat ini ketika kita menghadapi beragam tantangan global.             

Di sisi lain, globalisasi serta era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuka jalan bagi kerja sama pendidikan, riset dan pengembangan tekhnologi antar instusi perguruan tinggi, lembaga riset serta industri dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, peringatan Hardiknas kiranya dapat bermanfaat menjadi salah satu upaya kita untuk meningkatkan pendidikan tinggi di tanah air.

JR Saragih usai pelaksanaan upacara mengharapkan, melalui Hardiknas para siswa/i di Kabupaten Simalungun dapat lebih disiplin lagi. “Karena dengan disiplin bisa menjadikannya lebih kreatif dan dari kreatif itulah yang menumbuhkan buah pikiran untuk memajukan pendidikan,” katanya.
Di Kabupaten Simalungun, menurut JR Saragih, peringatan Hardiknas diawali dengan kegiatan gotong royong, dan setelah itu melaksanakan upacara di setiap kecamatan.

 “Kegiatan gotong royong dilakukan untuk menciptakan kebersamaan, dimana melalui gotong-royong, baik dari rumah masing-masing dan juga di sekolah diharapkan meraka kelak bisa bekerjasama dalam memajukan pendidikan di daerah ini,” katanya.

Dalam rangka memeriahkan Hardiknas di Kecamatan Silimakuta, Taruna/Taruni SMA Plus/SMK Plus Efarina Saribudolok melakukan traksi bela diri Yongmodo dan drumband.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar