Selasa, 07 Juni 2016

Kenalan Yuk Dengan Baju Adat Asal Simalungun




Setiap daerah pasti mempunyai pakaian adat masing-masing begitu pula Simalungun. Kabupaten yang berada di Sumatera Utara, yang sekarang ini dipimpin oleh Bupati JRSaragih.

Baju adat asal Simalungun ini namanya Hiou. Hiou adalah sejenis pakaian yang dipakai oleh orang-orang Simalungun, biasanya mereka mengenakan pakaian ini saat ada acara adat atau acara besar seperti pernikahan.

Jika kalian melihat kenapa orang Simalungun memakai selendang? Yang mirip dengan selendang itu namanya Ulos.  Ulos sendiri tidak hanya dipakai untuk selendang tetapi juga penutup kepala dan penutup tubuh bagian bawah. Menurut legenda ulos adalah sumber kehangatan ketiga selain matahari dan juga api.



Dahulu kala Ulos di anggap sebagai ajimat dan dipercaya memiliki kekuatan regili magis dan juga sebagai pelindung. Mungkin yang dimaksud pelindung disini adalah pelindung dari hawa dingin? Menurut saya.

Penggunaan Hiou oleh suku Batak menurut beberapa pakar penelitian mirip dengan penggunakan pakaian adat di Negara lain seperti di perbatasan Myanmar, Laos, dan Muang thai yakni bangsa Karen.


Hiou memiliki beberapa jenis dan nama. Ada yang namanya Bulang iatu penutup kepala perempuan, Ragi pane iatu penutup bagian bawah perempuan, Suri-suri iatu selendang, Gotong iatu penutup kepala laki-laki.


Itulah pakaian adat Simalungun dari Sumatera Utara yang terkenal akan lumbung padinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar