Selasa, 07 Juni 2016

Ini Dia Marga Asli Simalungun



                         

Simalungun sebagai daerah di Indonesia juga mempunyai marga selain bahasanya.  Ada 4 marga di sini, Saragih, Sinaga, Purba, Damanik. Keempat marga itu berasal dari nama raja-raja yang sudah berdamai.

Saragih
Simada Ragih, Ragih artinya susun, atur, tata, jika digabungkan menjadi satu Simada Ragih memiliki arti pemilik aturan. Keturunan Saragih ada Saragih Garingging, dan Saragih Sumbayak. Saragih dapat dipecah menjadi Dasalak dan Dajawak. Contoh orang yang bermarga Saragih: Bupati Simalungun JR Saragih.


Sinaga
Simada Naga itulah arti dari Sinaga. Keturunannya di Kerajaan Tanah Jawa. Sinaga merupakan marga dari raja Batangiou dan Tanoh Jawa. Sinaga dapat dipecah menjadi Dadihoyong, Porti, Uruk, Oppu Ratus, Simanjorang, dll.


Purba
Purba diambil dari kata Purwa yang artinya Timur, dan memiliki arti gelagat masa depan. Keturunan Purba adalah Tua, Tambak, Sigumonrong, Sidasuha. Raja atau tokoh yang bermarga Purba adalah Sangsi Purba, Tuan Bandar Alam Purba Tambak, Purba Aji.



Damanik
Damanik memiliki arti Simada Manik atau Pemilik Manik, berkharisma, paling cerdas, terhormat. Keturunan Damanik ada Damanik Bariba, Damanik Nagur, Damanik Bah Bolag. Orang yang bermarga Damanik: Damanik Usang, Damanik Sola, Damanik Melayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar