Selasa, 07 Juni 2016

Mengenal Awal Mula Simalungun






Hoi hoi, na wasseo. Kali ini saya akan menceritakan tentang asal usul dari tanah kelahiran Bapak Bupati JR Saragih.


Once upon a time, di Sumatera Utara ada desa namanya Nagur dan disana terdapat sebuah kerajaan kecil bernama Kerajaan Tanah Djawo. Kerajaan itu hidup berdampingan dengan kerajaan Silou dan kerajaan Raya. Tiga kerajaan tersebut hidup rukun dan makmur, terkadang mereka juga saling bantu membantu atau istilahnya gotong royong ketika mereka diserang oleh kerajaan lain yang ingin menguasainya. Daebak!

Pada suatu hari kerajaan Tanah Djawo, kerajaan Silou, dan kerajaan Raya diserang oleh tentara asing secara bergantian. Walaupun ketiga kerajaan ini sudah saling gotong royong mereka tetap saja kalah dan tunduk pada kerajaan asing yang menyerangnya sedangkan rakyat Silou, Raya, dan Tanah Djawo pergi meninggalkan kerajaan mereka. Para rakyat pergi secara berkelompok dan berpindah-pindah tempat supaya tidak tertangkap oleh tentara asing.

Rakyat dari desa Nagur pun pergi ke Pulau Samosir yang dulu bernama Sahili Misir. Disana mereka memulai kehidupan dari nol, bercocok tanam dan membangun rumah untuk tempat tinggal. Setelah sekian lama mereka tinggal di Pulau Samosir, mereka merasa betah bahkan saat sesepuh desa bertanya apakah mereka mau kembali ke desa mereka yang dahulu, sebagian dari mereka tidak mau meninggalkan Pulau Samosir karena disit mereka sudah merasa nyaman seperti kampong halamannya sendiri walaupun mereka rindu desa pada desa yang dulu.

Sesepuh pun mengatakan bagi siapa yang ingin kembali ke kampong halaman mereka, dimohon untuk segera mempersiapkan segala sesuatu yang ingin dibawa. Mereka pun berangkat menuju kampong halaman mereka di desa Nagur, saat mereka sampai di kampong halaman mereka sebagian dari mereka mulai menangis karena mengingat tentang kejadian yang membuat mereka harus pergi meninggalkan desa Nagur

 Desa yang dulu makmur kini berubah menjadi desa yang hancur dengan rata, rumah-rumah bagaikan hilang ditelan bumi. Pohon-pohon menjuntai kesana kemari dan tak lupa semak blukar yang menambah hancurnya desa Nagur.

Para warga yang disana menyebutnya sima sima nalungun yang artinya desa yang sepi, lama kelamaan mereka menyebutnya simalungun sampai sekarang. Dan sekarang Simalungun mulai menunjukkan diri dan maju setelah dipimpin Bupati JR Saragih. Itulah asal usul Kabupaten Simalungun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar